Senin, 15 Oktober 2012

MAKANAN SEHAT DAN COCOK UNTUK HAMSTER

MAKANAN SEHAT DAN COCOK UNTUK HAMSTER

Hamster adalah hewan omnivora. Makanan mereka biasanya butir- butir padi, tetapi termasuk juga buah segar, akar dan beberapa serangga. Namun, tidak semua makanan cocok untuk mereka. Hamster yang terkena penyakit diabetes tidak diperbolehkan mendapat makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, seperti jagung. Komponen makanan hamster dibagi 3 yaitu kering, segar dan makanan binatang. Makanan yang paling aman untuk hamster adalah biji- bijian segar. Pilih biji- bijian yang tidak diawetkan namun bebas dari kutu dan bahan pewarna. Demi keamanan, sebaiknya tidak memberikan makanan berupa daun segar dan makanan instan. Beberapa jenis daun segar mungkin tidak berbahaya bagi hamster,namun sebagian besar dedaunan sudah tercemar pestisida. Walau sedikit hamster rentan terhadap pestisida. Makanan instan juga tidak baik bagi hamster, karena biasanya mengandung bahan pengawet. Makanan mengandung garam dapat menyebabkan bulu hamster rontok. Makanan utama hamster antara lain padi/ gabah, kacang kedelai, kacang hijau, beras merah, ketan hitam, jagung kering, millet merah dan millet putih. Berikut beberapa makanan yang cocok untuk hamster.
  1. Biji bunga matahari. Makanan ini disukai semua orang. Orang mengira biji bunga matahari adalah makanan utama hamster, padahal itu tidak benar. Justru dengan hanya memberikan biji bunga matahari sebagai pakan utama menyebabkan hamster mengalami kekurangan gizi dan obesitas karena biji bunga matahari mengandung lemak yang tinggi. Hamster memang suka sekali biji bunga matahari, namun alangkah baiknya jika kita mengendalikan nafsu makan hamster terhadap biji bunga matahari.
  2. Padi/ gabah. Gabah adalah sumber karbohidrat yang utama. Pemberian gabah yang cukup akan memastikan kebutuhan energi pada hamster akan terpenuhi dan juga kaya akan provitamin D.
  3. Kacang tanah. Kacang tanah mengandung banyak lemak. Pemberian kacang tanah terhadap hamster sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena akan berakibat kegemukan. Namun kacang tanah juga penting untuk membuat hamster mendapatkan cadangan energi.
  4. Kacang kedelai. Makanan ini mengandung banyak protein. Pemberian kacang kedelai sangat baik untuk hamster agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Kacang kedelai juga bermanfaat untuk mengasah gigi hamster yang terus tumbuh.
  5. Kacang hijau. Makanan ini memiliki banyak vitamin yang baik untuk hamster. Vitamin diperlukan sebagai zat pengatur dalam tubuh hamster dan juga untuk mengasah gigi hamster.
  6. Wortel. Wortel adalah salah satu sayuran yang baik untuk hamster. Wortel mengandung zat- zat yang dapat mencegah terjadinya kanker. Wortel juga baik untuk kesehatan mata, terutama untuk hamster bermata merah. Hamster bermata merah mudah sekali terkena katarak. Pemberian wortel juga dapat digunakan sebagai pengganti air minum. Namun tidak disarankan mengganti air minum dengan wortel, karena menyebabkan hamster terus menerus kencing dan kandang menjadi sangat bau.
  7. Taoge. Taoge menganndung vitamin K yang baik untuk menjaga kesuburan hamster. Pemberiannya sedikit saja setiap harinya.
Postingan ini didapatkan dari berbagai sumber. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India