Selasa, 16 Oktober 2012

KOTAK PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK HAMSTER

KOTAK PERTOLONGAN PERTAMA UNTUK HAMSTER

Jika kamu punya hamster di rumah, ada baiknya untuk menyediakan kotak pertolongan pertama untuk hamster (KPPUH) ini. Jadi, kalau hamstermu sakit bisa cepat- cepat ditolong sebelum dibawa ke dokter. 

Peralatan:
  1. Gunting kecil (bisa gunting rambut atau gunting benang, jangan gunting kertas). Pakai yang ujungnya tumpul, jadi tidak melukai hamster. Gunanya untuk memotong bulu hamster, terutama kalau hamster itu luka dan butuh diberi obat, sedangkan bulunya mengganggu.
  2. Gunting kuku khusus binatang kecil. Bentuknya berbeda dengan gunting kuku anjing. Biasanya ukurannya lebih kecil.
  3. Cotton buds. Untuk membersihkan luka dan memberikan obat- obatan cair ke atas luka.
  4. Alat suntik tanpa jarumnya. Untuk memberikan obat cair ke dalam mulut hamster. Pilih alat suntik yang ujungnya kecil, jadi mudah dimasukkan ke dalam mulut hamster.
  5. Hair dryer kecil. Kalau hamstermu basah harus segera dikeringkan, karena hamster lemah dengan air. Kalau kondisi badannya sedang tidak kuat, hamster yang dibiarkan basah bisa terserang flu dan pneumonia yang berakibat kematian.
  6. Sarung tangan karet sekali pakai. Ini berguna buat memegang hamster yang sakit. Soalnya kalau memakai tangan nanti akan menulari yang lain. Kalau hamster sakit akibat virus biasanya cepat menular dan bisa mengakibatkan semua hamster juga mati.
Obat- obatan:
  1. Obat tetes mata (seperti visine, dsb). Sangat berguna karena hamster sering iritasi mata, mengingat tempat hidupnya diantara serbuk- serbuk kayu.
  2. Alkohol. Ini untuk membersihkan luka.
  3. Antiseptik ringan. Campuran dettol dan air bisa untuk membasuh luka atau
    campuran dettol yang konsentrasinya ringan bisa untuk untuk memandikan hamster, dengan cara diwash lap. Jangan dibasahin hamsternya! Cukup dilap saja. Guna lainnya adalah untuk membasuh tangan kita. Biasakan membasuh tangan sebelum dan sesudah memegang hamster. Kebersihan ini penting untuk kita sendiri. Alternatif lain bisa disediakan cairan khusus cuci tangan seperti handy clean dekat kandang hamster, jadi kalo mau pegang cuci tangan dulu. Hal ini perlu dilakukan karena tangan kita sendiri biasanya suka bawa penyakit buat hamsternya. 
  4. Betadine. Pokoknya obat luka. Soalnya kan kadang hamster suka berantem. Jadi kalo berdarah bisa cepet2 ditolong. 
  5. Antibiotik (Erythrocin). Jangan memakai merk lain, karena hamster itu sensitive sama antibiotic.
Penyakit pada manusia yang disebabkan oleh binatang pengerat. Plague (penyakit serius bahkan fatal yang berasal dari binatang pengerat). Panyakit ini disebabkan oleh Yersinia Pestis, disebarkan ke manusia melalui gigitan dari kutu tikus yang terinfeksi, terutama Bubonic Plague. Tetapi tidak semua negara masuk ke dalam kategori ini. Unfortunately, Indonesia tidak bebas sama Plague. Jadi, hati- hati! Kamu harus beli obat anti kutu agar penyakit ini tidak menempel ke hamstermu. 

Tanda- tanda hamster terkena kutu? Hamster akan menggaruk- garuk tubuh terus, terutama di daerah belakang telinga (menggaruknya benar- benar sering dan parah). Lalu, kalau kamu membalik bulunya, kamu akan melihat bekas luka- luka kecil akibat gigitan kutu. Postingan ini didapatkan dari berbagai sumber. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India