Rabu, 12 Desember 2012

PERBEDAAN HAMSTER DAN TIKUS

PERBEDAAN HAMSTER DAN TIKUS




Dari gambar di atas, kita dapat langsung bisa membedakan hamster dan tikus, namun masih banyak orang yang tidak begitu memahami hamster mengatakan bahwa hamster mirip dengan tikus, bahkan hamster itu tikus. Untuk penyataan bahwa hamster mirip dengan tikus, mereka memang mirip, sama- sama binatang pengerat (rodent) namun perbedaannya sangat jauh, baik itu fisik dan tabiat. Dan untuk penyataan bahwa hamster itu adalah tikus, saya berkomentar bahwa mereka salah. Hamster tidak mempunyai hubungan atau kerabat dekat dengan tikus (rat). Hamster mempunyai nama latin Cricetinae dan tikus (rat) adalah Muridae.
Bentuk tubuh hamster lebih gemuk dibandingkan dengan tikus yang agak sedikit langsing. Moncong tikus lebih panjang dibandingkan dengan hamster dan tikus mempunyai ekor yang panjang pula untuk menjaga keseimbangan mereka sedangkan hamster mempunyai ekor yang sangat pendek bahkan tidak terlihat seperti hamster jenis Roborovski.
Tikus dapat hidup di tempat yang lembab, becek dan kotor. Sedangkan hamster hanya dapat hidup di lingkungan yang kering, jauh dari tempat yang basah. Itulah sebabnya tikus dapat tersebar dimana- mana karena mereka mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, bahkan penelitian para ahli mengatakan bahwa tikus dari tahun ke tahun dapat menciptakan anti-bodinya sendiri sehingga mereka dapat terus bertahan di lingkungan apa saja dan dalam kondisi apa saja. Jadi itulah sebabnya tikus dapat membawa kuman- kuman penyakit di tubuhnya pada saat tikus itu berkelana, karena tikus tidak merasakan kuman- kuman yang menempel di tubuhnya yang dikarenakan oleh anti- bodi tikus yang membuat tubuh tikus tetap fit walau banyak bakteri dan kuman.
Hamster mempunyai banyak variasi mantel bulu dan hamster juga mempunyai jenis mantel bulu yang panjang, sedangkan tikus variasi bulunya hanya sedikit. Dominan untuk tikus (rat) adalah hitam walau ada juga yang berwarna putih dan juga campuran putih dan hitam.
Hamster mempunyai tabiat meletakan makanan di kantong pipi mereka yang terletak di kedua sisi leher dan membawa makanan itu ke dalam sarang, namun tikus tidak mempunyai kantong pipi untuk meletakan makanan yang mereka temukan, sehingga tikus cenderung memakan makanan yang mereka temukan di tempat.
Jadi sangat jelas perbedaan hamster dan tikus. Terlepas dari pencinta tikus di seluruh dunia, artikel ini saya buat hanya menunjukan pada “tikus got” yang biasa memasuki rumah dan membawa banyak penyakit. Namun untuk tikus yang dipelihara oleh para Rats Lover, mungkin tikus- tikus itu sudah sangat jinak, bersih dan terawat sehingga terjalin hubungan yang mesra antara pemilik tikus itu selayaknya hamster dan pemiliknya.

Sumber: http://obajahamster.blogspot.com/2011/07/perbedaan-hamster-dan-tikus-rat.html?m=1
Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India